Forkopimda Lakukan Panen Raya Padi di Ngrambingan - Panggul

 

 

 

KEC.PANGGUL – Forum Komunikasi Pemimpin Daerah (FORKOPIMDA) Trenggalek, Senin (21/3) kemarin melakukan panen raya Padi di Desa Ngrambingan Kecamatan panggul, Forkopimda yang terdiri dari Bupati dan Wakilnya, Kapolres, Dandim dan ketua DPRD Trenggalek secara simbolis melakukan panen di Dusun Krajan Ngrambingan.

 

Pada Musim Tanam satu ini petani di Desa ini patut bersyukur dikarenakan mereka dapat merasakan panen raya, pasalnya tanamannya tidak terganggu hama sama sekali. Bahkan di desa ini padi petani dapat  mencapai hasil Sembilan ton per Ha area lahan sawahnya. Ini merupakan capaian yang sangat luar biasa.

 

Saat dikonfirmasi Bupati Trenggalek Dr Emil Elestianto Dardak, M.Sc, menyampaikan kepada menaksopaldiscovery.com bawasannya ini merupakan salah satu potret pertanian Trenggalek yang relativ baik. Akan tetapi banyak juga pertanian kita yang mengalami tantangan, baik itu kekeringan maupun kendala lainnya.

 

Dingrambingan ini menggunakan irigasi teknis, sedangkan pertanian di Trenggalek ada juga yang menggunakan sistim tadah hujan. Bupati bersyukur dengan struktur yang sudah ada seperti di Ngrambingan ini dapat menghasilkan hasil panen yang maksimal.

 

Seperti halnya yang telah dilaporkan oleh kelompok tani sumber rejeki tadi dengan menerapkan system tanam jajar legowo dan beberapa sistim lainnya dapat mencapai produksi 9 ton per hektarnya. Selain itu mereka tidak susah melepas hasil gabahnya karena bisa menyimpan dirumah dan tidak melepasnya dengan sistim ijon, ini yang patut disukuri.  Karena inilah perekonomian mereka tidak terlalu sulit. Diharapkan banyak masyarakat petani yang juga ikut sistem seperti ini, tegas bupati.

 

Untuk meningkatkan hasil produsi petani dalam kesempatan panen raya tersebut secara simbolis bupati menyerahkan bantuan berupa Hand Tracktor kepada kelompok tani Sumber Rejeki. (Kenthunk)

(sumber ; www.menaksopaldiscovery.com)

 

 

 

TOP