Kesejukan Air Terjun Pantai Pelang

 

 

 

KEC.PANGGUL – Kabupaten Trenggalek yang berada di Provinsi Jawa Timur selama ini dikenal dengan wisata pantainya yang indah. Hal tersebut karena lokasi Trenggalek sendiri yang berada di pesisir pantai selatan pulau Jawa yang memang terkenal dengan pantai dan lautannya yang eksotis.

 

Tapi jangan salah, ternyata wisata di kabupaten Trenggalek tak hanya terbatas di pantai-pantainya saja. Di Trenggalek terdapat juga tempat wisata lain berupa wisata air terjun yang tak kalah eksotis. Dan salah satu yang sangat terkenal yaitu Air Terjun Pantai Pelang yang terletak di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur.

 

Wisata Air Terjun Pantai Pelang, merupakan tempat wisata unggulan dan sangat terkenal di Trenggalek yang selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan lokal dan juga wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Selain dikenal dengan air terjun Pantai Pelang, oleh warga sekitar air terjun ini disebut juga Air Terjun Grobogan Sewu.

Lokasi Air Terjun Pantai Pelang sendiri bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dari Trenggalek menuju ke Kecamatan Panggul. Setelah sampai di kecamatan Panggul, anda kita bisa mengikuti papan petunjuk jalan menuju pantai Pelang atau menyewa jasa ojek. Air terjun ini memang terletak cukup dekat dengan objek wisata Pantai Pelang, yaitu berada lebih kurang 300 m arah barat laut dari Pantai Pelang.

 

Sesampainya di sana anda akan disuguhi air terjun yang cukup unik, air mengalir jatuh dari tebing yang cukup panjang dengan ketinggian kurang lebih 10m. Air yang mengalir deras pun siap menggoda siapa saja untuk mandi atau sekedar menikmati guyuran air di bawahnya.

 

Anda pun bebas meniikmati kesegaran air terjun ini, hanya saja anda harus tetap berhati-hati dalam melangkah, karena bebatuan yang licin. Banyak orang yang mencoba kesegaran air terjun ini karena penduduk setempat meyakini air terjun ini akan membuat awet muda.

Nah kalau anda tidak ingin berbasah-basahan, anda bisa menikmati pemandangan di sekitar air terjun yang tak kalah indah. Di sekitar air terjun terdapat pohon-pohon dengan akar melintang kesana kemari menembus batuan sekitarnya, seakan ingin menghalangi laju aliran air yang menambah keeksotisan tempat ini.

 

Jika anda penasaran dengan pesona air terjun Pantai Pelang atau Grobogan Sewu ini, saat sedang berada di Trenggalek anda bisa langsung mampir ke Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur dan nikmati keindahan dan kesejukan yang ditawarkannya.

(copas saking www.menaksopaldiscovery.com)

 

 

 

Menikmati Ikan Bakar di Pantai Konang

 

 

 

KEC.PANGGUL – Pemandangan saat matahari terbenam memang selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Apalagi jika keindahan pantulan cahaya matahari jingga yang akan kembali ke peraduannya tersebut dinikmati di alam terbuka bersama orang-orang terdekat, pastinya akan menjadi momen yang menyenangkan.

 

Nah bagi anda yang berada di Trenggalek dan sekitarnya dan ingin menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset di tempat yang indah anda bisa mengunjungi Pantai Konang. Lokasi Pantai Konang Trenggalek ini tidak jauh dari Pantai Pelang yang hanya berjarak sekitar 2 km, terletak di desa Ngebleng, kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Dari kota Surabaya sekitar 240 km dan dari kota Trenggalek sekitar 54 km.

Dengan garis pantai sepanjang 1,5 km dengan luas pantai kurang lebih 11 ha pantai ini memang cocok untuk menikmati keindahan sunset. Karena kita bisa memandang bebas ke arah sang surya yang mulai terbenam membelah lautan luas. Selain itu, pecahan-pecahan tebing di seberang lautan yang membentuk pulau-pulau batu raksasa yang mengapung di tengah samudera menambah keunikan pantai ini.

Selain menikmati keindahan pantai dan pemandangan sunset yang ditawarkan pantai Konang ini, anda juga bisa memborong berbagai macam ikan segar yang bisa langsung dibeli dari para nelayan yang baru pulang melaut. Anda pun bisa langsung mengolah dan menyantap ikan-ikan segar tersebut di warung-warung di sekitar pantai.

Bagaimana, anda tertarik untuk menikmati suasana pantai, menyantap ikan segar, dan di akhiri dengan kehangatan pemandangan matahari terbenam? Anda bisa menggunakan transportasi umum dan pribadi baik roda 2 maupun roda 4 untuk menuju lokasi Pantai Konang. Jalur yang dapat ditempuh yaitu jalur Karangan – Suruh – Dongko dengan kondisi jalan sedang dan baik. Meskipun jalanannya berkelok-kelok naik turun tapi relatif aman.

 

Jadi jangan ragu lagi untuk mengajak orang-orang terdekat anda untuk berkunjung ke Pantai Konang Panggul Trenggalek ini.

(copas saking www.menaksopaldiscovery.com)

 

 

 

Pantai Konang, Pantai Sejuta Pesona

 

 

 

Setelah kemarin saya share tentang Indahnya Pantai Pelang yang ada di Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Nah tulisan kali ini masih tentang pantai yang ada di Kecamatan Panggul, yaitu Pantai Konang.

Pantai Konang ini terletak di Desa Nglebeng, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Sekitar 2 Km arah ke timur pantai Pelang. Untuk ke Pantai Konang ini cukup mudah, sudah ada papan petunjuknya kok dan jalannya pun sudah benar-benar mulus.

Berbeda dengan Pantai Pelang , Pantai Konang ini pantai nelayan karena aktivitas utama di pantai konang adalah aktivitas nelayan, perdagangan / pelelangan ikan. Aktivitas nelayan di pantai konang menjadi pemandangan yang sangat menarik. Kita juga bisa membeli langsung ikan yang masih segar dari para nelayan yang ada di pantai ini dan tentunya harganya pun lebih murah.
Di sisi timur pantai kita dapat menjumpai perahu-perahu nelayan yang diparkir berjejer di bibir pantai. Di dekat jajaran perahu-perahu tersebut, ada sebuah aliran sungai sekaligus genangan air asin dangkal yang membentang dari timur dan bermuara ke Pantai Konang. Di ujung timur tampak jembatan dengan pemandangan latar belakang gunung dan tumbuhan bakau. Di sisi kanan sungai tampak kebun kelapa berjajar. Pemandangan yang benar-benar mempesona.
Para nelayan juga menyewakan perahu untuk para pengunjung yang ingin menyusuri sungai. Tenang saja tarifnya murah kok , hanya dengan 10.000. Nelayan pemilik perahu akan menjadi guide untuk memandu pengunjung berkeliling di muara sungai yang ada di sebelah timur dari bibir pantai. Oh iya , Sekarang di Pantai Konang sudah ada penyewaan APV (All Terrain Vehicle) , keren kan.. Jadi pengunjung bisa keliling Pantai dengan kendaraan tersebut.

Pantai Konang cukup luas dengan garis pantai yang panjang membentang dari selatan ke utara , jadi kita bisa puas bermain di bibir pantai seperti lari-lari , bermain pasir pantai dan lain-lain. Pantai Konang memiliki karakteristik ombak yang besar, pengunjung tidak diperbolehkan mandi di laut.
Di seberang lautan tampak pecahan-pecahan tebing yang membentuk pulau-pulau batu raksasa yang mengapung di tengah samudera. Pasir yang berwarna putih serta pohon kelapa yang berjajar di tepi pantai menambah eksotis pantai Konang. Apa lagi saat sore hari kita akan dimanjakan oleh pemandangan indah terbenamnya matahari. Pantai Konang memang tak bisa dipungkiri keindahannya.

Gimana, penasaran?? silahkan datang dan mengajak orang-orang terdekat anda untuk berkunjung ke Pantai Konang yang ada di Kec Panggul Trenggalek ini. Dijamin kalian gak bakalan nyesel , apa lagi untuk masuk ke Pantai Konang yang indah ini kita tidak dipungut biaya alias Gratis…
Dan yang perlu selalu diingat jaga selalu lingkungan , Jangan Kotori Pantai Dengan Sampahmu

Sumber : by copas from www.panggul.com

 

 

 

Taman Kili-Kili, Konservasi Penyu

 

 

 

 

 

 

 

KEC.PANGGUL – Sejumlah nelayan yang tergabung dalam kelompok pengawas masyarakat Pantai Taman Kili-kili, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menangkarkan ribuan ekor tukik (anak penyu) selama musim reproduksi satwa laut itu yang berlangsung antara April hingga Oktober.

Seorang penggiat konservasi sekaligus Sekretaris Pokwasmas Pantai Taman Kli-kili, Kecamatan Panggul Eko Margono, Selasa mengatakan saat ini tak kurang dari 150 ekor tukik mereka tangkarkan di kolam buatan dengan suhu terukur.

“Kemarin (Senin, 23/5) sebanyak 24 ekor tukik kami lepas dalam rangka memperingati Hari Penyu Internasional dengan disaksikan perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Trenggalek serta jajaran Muspika Panggul,” kata Eko Margono.

Di kolam penangkaran buatan yang mereka sediakan saat ini, kata Eko, masih ada sekitar 150 ekor tukik berusia 1-2 minggu yang masih dalam masa pengawasan dan perawatan.

Menurut dia, pelepasan tukik akan dilakukan secara masal pada acara bersih desa setempat (Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul) yang dijadwalkan digelar antara Oktober-November 2016.

“Kami akan lakukan besar-besaran dengan mengundang banyak pihak terkait sebagai bagian dari kampanye perlindungan satwa penyu maupun aneka jenis hewan liar lain,” ujarnya.

Ia menjelaskan, konservasi penyu di Pantai Taman Kili-kili telah diakui sebagai kawasan konservasi penyu tingkat nasional.

Sejak dibentuk pokwasmas yang secara khusus melakukan kegiatan konservasi penyu secara swadaya pada 2011, kata Eko, nelayan setempat telah melepasliarkan lebih dari 15 ribu ekor tukik hingga akhir 2015.

“Tertinggi pelepasliaran tukik terjadi pada 2013 yang saat itu mencapai 7.500 ekor (tukik) berhasil kami tangkarkan dan dikembalikan ke laut,” ujarnya.

Pada 2014 dan 2015, kata Eko, jumlah anak penyu yang berhasil mereka tetaskan secara alami maupun menggunakan alat khusus menurun tajam namun masih di kisaran 2.500 ekor.

“Satu ekor penyu indukan (betina) rata-rata menghasilkan antara 90-120 telor. Dari jumlah itu yang berhasil ditetaskan biasanya antara 80-95 persen,” paparnya.

Proses penangkaran menurut keterangan sejumlah anggota Pokwasmas Pantai Taman Kili-kili dilakukan mengikuti musim reproduksi penyu di kawasan tersebut yang mayoritas didominasi jenis penyu lengkang dan hijau.

“Penyu yang bertelur secara alami di kawasan pantai biasanya kami ambil untuk dipendam lagi di area konservasi yang ditandai hingga menetas setelah 40-an hari. Tukik hasil tetasan lalu kami tangkarkan dalam kolam khusus sebelum dilepasliarkan pada usia minimal satu bulan,” papar nelayan Pantai Taman Kili-kili.

 

(Copas saking www.menaksopaldiscovery.com)

 

 

 

 

 

 

 

Pantai Pelang, Nirwana Diujung Trenggalek

 

 

 

KEC.PANGGUL - Kota Trenggalek memiliki beragam wisata alam dan pantainya. Bahkan, masih banyak yang belum diketahui oleh traveller dari luar kota.

Jika ingin ke pantai, Trenggalek menawarkan banyak pantai untuk dikunjungi, salah satunya Pantai Pelang yang ada di Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Jarak dari pusat Kota Trenggalek sekitar 54 kilometer , menempuh perjalanan sekitar 1-2 jam. Bisa naik kendaraan milik sendiri , pinjam atau sewa. Dari Kota Trenggalek kita bisa mengambil jalur Trenggalek – Lorok/Pacitan,melintasi hutan , jalan menanjak – menurun dan pemandangan landscape cantik Trenggalek dari ketinggian. Melewati Kecamatan Dongko dan sampailah kalian di Kecamatan Panggul. Kecamatan Panggul sendiri berada di barat Kota Trenggalek, tapal wates antara Trenggalek dan Pacitan. setengah wilayahnya adalah pegunungan yang mengitari dataran rendah melingkar luas dari barat, utara ke timur sampai pantai di sebelah selatan dan membentuk lembah yang luas dengan teluknya, wilayah tanah subur mencakup daerah aliran sungai yang mengalir sampai samudra indonesia.

Untuk memasuki kawasan pantai Pelang, harus membayar uang masuk sebesar Rp.8000 pada hari libur dan Rp.7500 pada hari biasa. Pantai Pelang kawasan parkir yang luas, jadi jika kalian bawa mobil besar sejenis dump truck atau membawa helikopter tidak usah khawatir soal tempat parkiran. Di kawasan parkir juga ditumbuhi dengan pohon-pohon vegetasi pantai sehingga lokasi parkiran tampak sejuk dan di kawasan parkir ini juga tersedia tempat untuk sholat dan banyak penjaja makanan-minuman jadi kalian tidak usah khawatir kelaparan.
Terdapat beberapa gazebo di ujung lokasi parkir mengarah ke pantai. Gazebo ini difungsikan untuk wisatawan menikmati Panorama pantai Pelang dari kejauhan. Sering juga digunakan oleh sepasang yang lagi kasmaran untuk bermesraan dan tak jarang pula sering difungsikan oleh kaum Piyambakan untuk merenungi nasib kesendiriannya

Subcategories

TOP