HEADLINES

  • 1
  • 2
Prev Next
Pemerintah Pusat Nobatkan Arumi Sebagai Bunda PAUD Nasional Generasi Cerdas Desa

Pemerintah Pusat Nobatkan Arumi Sebagai …

        KEC.PANGGUL – Misi pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas SDM kita untuk generasi mendatang sangatlah kuat Hal ini terlihat dari seriusnya pemerintah dalam menguatkan pendidikan anak usia dini 0-6 tahun (golden... Read more

Lebih 1400 Siswa SD Tarikan Turonggo Yakso Serempak di Festival Rakyat 2016

Lebih 1400 Siswa SD Tarikan Turonggo Yak…

        KEC.PANGGUL – Lebih dari 1400 pelajar SD dari 11 Kecamatan di Trenggalek tarikan Turonggo Yakso, tari khas asli Trenggalek di Festival Rakyat Trenggalek tahun 2016, Jum’at (20/5) di alon-alon. Emil... Read more

EDUCATION

Error: No articles to display

MENGENAL ITIK SERATI

GOTREX - Itik Serati adalah hasil perkawinan silang antara Entog Jantan (bebek manila atau itik muscovy) dengan itik betina lokal yang menghasilkan itik pedaging yang berkualitas tinggi. Itik Serati merupakan jenis itik penghasil daging ini, telah diproduksi secara komersial di beberapa negara Asia seperti di Taiwan dan lain sebagainya. Akan tetapi di Indonesia, Itik tersebut belum dikembangkan secara komersial.

Dengan melihat perkembangan akhir-akhir ini, produksi dan permintaan akan daging itik menunjukan peningkatan sejak para peternak mulai mengusahakan usaha pengemukan itik pedaging dan menjualnya dengan harga yang cukup baik di pasaran.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya restoran di beberapa kota yang menyediakan menu daging itik yang telah dimasak dengan menggunakan berbagai macam bumbu. Di Kalimantan, itik afkir dimasak dan dijual sebagai itik panggang, di Jawa orang makan itik goreng, di Bali dikenal dengan nama masakan “betutu” yaitu masakan itik  dengan bumbu yang ditaburi jeruk limau kemudian dipanggang sedangkan di daerah Minahasa (Manado) dikenal dengan menu bebek garo rica dan lain sebagainya.

Sistem Produksi

Itik Serati yang ada di masyarakat pedesaan merupakan hasil perkawinan silang antara itik jantan dengan entoq betina yang terjadi secara alami. Hal ini kurang efisien karena produksi telur entoq betina sangat rendah bila dibandingkan dengan produksi telur itik lokal. Di samping itu, persilangan antara entoq jantan dan itik betina secara alami memiliki kendala lainnya seperti rendahnya fertilitas telur tetas yang berakibat pada kegagalan dalam proses penetasan.

Oleh karena itu, diperlukan upaya lainnya untuk mengantisipasi hal tersebut. Dan salah satu solusinya adalah penerapan sistem perkawinan silang dengan memanfaatkan teknologi  Inseminasi Buatan (IB). Dengan menerapakan sistem produksi perkawinan silang antara  itik dan entoq melalui program inseminasi buatan diharapkan akan mampu menghasilkan kualitas sumber telur tetas yang memiliki fertilitas yang tinggi untuk menghasilkan produksi itik serati yang lebih banyak.

Keuntungan Usaha Itik Serati

1. Produktifitas lebih tinggi

2. Pertumbuhan lebih cepat

3. Kadar lemak rendah

4. Kadar protein tinggi

5. Efisiensi pakan

.

Kendala usaha

Kawin suntik atau inseminasi buatan merupakan suatu keterampilan yang harus dipelajari dari orang yang terampil. Artinya, keterampilan ini memiliki tingkat kesulitan dalam menguasainya apalagi bila  dilakukan hanya dengan melihat melalui media baik media cetak ataupun media elektronik. Untuk menguasai keterampilan ini, perlu dilakukan dengan melihat peragaan pelaksanaan inseminasi buatan secara langsung kemudian mencoba sendiri dengan di dampingi pelatih dan selanjutnya dipraktekkan secara teratur.

Untuk mendapatkan pelatihan serta informasi yang lebih lengkap tentang proses perkawinan silang ternak unggas, peternak atau kelompok ternak dapat menghubungi Dinas Pertanian dan Peternakan ataupun Balai Penelitian Ternak yang ada di daerah.

TOP