HEADLINES

  • 1
  • 2
Prev Next
Pemerintah Pusat Nobatkan Arumi Sebagai Bunda PAUD Nasional Generasi Cerdas Desa

Pemerintah Pusat Nobatkan Arumi Sebagai …

        KEC.PANGGUL – Misi pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas SDM kita untuk generasi mendatang sangatlah kuat Hal ini terlihat dari seriusnya pemerintah dalam menguatkan pendidikan anak usia dini 0-6 tahun (golden... Read more

Lebih 1400 Siswa SD Tarikan Turonggo Yakso Serempak di Festival Rakyat 2016

Lebih 1400 Siswa SD Tarikan Turonggo Yak…

        KEC.PANGGUL – Lebih dari 1400 pelajar SD dari 11 Kecamatan di Trenggalek tarikan Turonggo Yakso, tari khas asli Trenggalek di Festival Rakyat Trenggalek tahun 2016, Jum’at (20/5) di alon-alon. Emil... Read more

EDUCATION

Error: No articles to display

Lebih 1400 Siswa SD Tarikan Turonggo Yakso Serempak di Festival Rakyat 2016

 

 

 

 

KEC.PANGGUL – Lebih dari 1400 pelajar SD dari 11 Kecamatan di Trenggalek tarikan Turonggo Yakso, tari khas asli Trenggalek di Festival Rakyat Trenggalek tahun 2016, Jum’at (20/5) di alon-alon. Emil Dardak Bupati Trenggalek sangat terkesan melihat lautan pelajar kelas 3,4 dan 5 SD menarikan tari Turonggo Yakso ini dengan kompak.

Bahkan saking antusiasnya bupati meminta kepada perwakilan penari pelajar untuk mengajari tari ini kepada dirinya diatas panggung. Tak puas saat belajar ditertawakan sendiri bupati mengajak Kadisdik Drs Kusptigianto, MM, dan salah satu anggota Satpol PP perempuan untuk ikut berlatih tari ini diatas panggung.

Meskipun sedikit canggung ketigannya sangat antusia menirukan gerakan penari cilik tersebut. Bupati, Kadisdik dan personil Satpol PP di tutun bagaimana cara mendak, lawung dan beberapa gerakan Turonggo Yakso lainnya.

Nampak tamu undangan, Arumi Bachcin istri bupati, pejabat dilingkup pemkab dan masyarakat antusias melihat bupatinya menari Turonggo Yakso. “Ternyata menari Turonggo Yakso itu sulit dan melelahkan ya”, celetuk bupati sambil tersenyum.

Seluruh penari pelajar yang ada sangat antusias meskipun terik matahari menyengat di kepala. Mereka bersemangat disaksikan oleh bupati dan istrinya serta ribuan penonton yang memadati alun-alun

Pertunjukan tari oleh pelajar ini menurut bupati, merupakan pertunjukan yang megah di hari ini bahkan untuk tiga hari mendatang Festival rakyat ini. Sehingga bupati sangat berbangga atas terselenggaranya tari turonggo yakso tersebut.

 

Sayangnya turonggo yakso yang dibawakan 1400 lebih pelajar SD ini belum bisa memecahkan rekor Muri yang pernah di raih sebelumnya. Dikonfirmasi mengenai keinginan memecahkan rekor muri Bupati menjawab “pastinya ada keinginan namun kita ingin membuat pemecahan rekor Muri yang pernah diraih tersebut dilaksanakan pada obyek wisata yang representative. Sehingga selain upaya pemecahan rekor sekaligus juga memperkenalkan potensi wisata kita yang ada”, tegas Bupati.

 

Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Drs Munip, S.Pd, sangat mengapresiasif penampilan siswa-siswi SD kelas 3, 4 dan 5 SD di sebelas kecamatan dalam melestarikan budaya asli warisan leluhur ini. Sengaja Dinas Pendidikan tidak mengikutkan 3 Kecamatan terjauh seperti Munjungan setelah mempertimbangkan jaraknya.

 

Persipan yang dilakukan dalam kegiatan ini Kabis Dikdas tersebut menyampaikan setelah terjadi kesepakat memang kita mendatangkan pelatih yang mumpuni untuk melatih anak-anak guna mempersiapan penampilan hari ini.

 

Bilamana memang bupati mempunyai niatan untuk memecahkan rekor Muri yang pernah diraih pihaknya siap mendukung untuk kesuksesan acara tersebut, tegasnya. (Kenthunk)

(sumber : www.menaksopaldiscovery.com)

 

 

 

Pemerintah Pusat Nobatkan Arumi Sebagai Bunda PAUD Nasional Generasi Cerdas Desa

 

 

 

 

KEC.PANGGUL – Misi pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas SDM kita untuk generasi mendatang sangatlah kuat Hal ini terlihat dari seriusnya pemerintah dalam menguatkan pendidikan anak usia dini 0-6 tahun (golden age) sampai dengan tingkatan desa-desa. Wujud nyata keseriusan ini salah satunya juga ditandai dengan pembentukan bunda PAUD Kabupaten, yang terdiri dari istri Bupati, istri Camat dan istri kepala desa.

 

Bahkan pemerintah pusat juga mewacanakan pemberian dana operasional sekolah untuk pendidikan anak usia dini ini, serta upaya pemberian asupan gizi tambahan kepada anak PAUD tersebut.

 

Arumi Bachcin Istri Bupati Trenggalek Dr Emeil Elestianto Dardak, M.Si, selain dikukuhkan menjadi bunda PAUD Kabupaten, Arumi juga dinobatkan sebagai Bunda PAUD Nasional Generasi Cerdas Desa oleh pemerintah pusat. diharapkan dengan dipilihnya istri bupati muda yang pernah menjadi public figure ini dapat memacu peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini sampai dengan tingkat desa.

 

Dikonfir masi mengenai penobatan dirinya sebagai Bunda PAUD Nasional Generasi Cerdas Desa, Arumi menuturkan dirinya bersama dengan 171 bunda PAUD kecamatan dan desa dikukuhkan menjadi bunda PAUD Kabupaten di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Kamis (19/5 ).pengukuhan ini wujud keseriusan Trenggalek dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan PAUD.

 

Arumi menyampaikan “suatu kehormatan bagi dirinya bisa dipercaya  untuk menyandang Bunda PAUD Generasi Cerdas Desa, sebagaimana kita ketahui Desa merupakan ujung tombak pembangunan di Negara kita ini”, ucapnya.

 

Sebagai Bunda PAUD, Arumi memandang desa sebagai  ujung tombak pembanguna tidak hanya dalam hal fisik saja melainkan juga dengan SDMnya. “Seperti yang kita tahu PAUD merupakan hal yang kita tanaman hari ini,untuk kita tuai 15 sampai 20 tahun mendatang”, imbuhnya.

 

Menurutnya penting bagi kita  untuk menempatkan desa sebagai pintu utama pembangunan, pasalnya masing-masing desa mempunyai karakteristik yang berbeda. Sehingga dalam Pendidikan PAUD harus mengutamakan kearifan lokal terlebih dahulu di desa tersebut sebagai sarana edukasi anak-anak. Sehingga anak-anak ini tidak bingung terhadap materi yang diajarkan dengan keadaan nyatanya.

 

Program utama yang akan dilakukan untuk anak-anak PAUD, bunda PAUD ini akan mencari format yang lebih baik lagi dari yang sebelunya sudah baik, untuk membimbing bunda PAUD mulai Kecamatan sampai ke desa untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat dan luas lagi. Pasalnya Pendidikan anak usia dini cepat berkembang, sehingga perlunya mereka untuk mendapatkan informasi ini dengan cepat dan tepat.

 

Apalagi Kabupaten Trenggalek saat  ini menjadi salah satu dari 25 Kabupaten yang menjadi Piloting Bank Dunia dalam meningkatkan kualitas pendidik PAUD,  tegasnya.(Kenthunk)

(sumber : www.menaksopaldiscovery.com)

 

 

 

TOP